Bis Primajasa Trayek Bandara Soekarno Hatta-Batununggal Bandung

Terminal angkutan bus pemadu moda untuk layanan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) pindah lokasi ke area Pasar Modern (Pasmod) Batununggal, Kota Bandung. Sebelumnya, bus tersebut singgah di sekitar Bandung Super Mal (BSM), Jalan Gatot Subroto.

“Sejak 15 Mei lalu, lokasi pool atau terminal bus pemadu moda sudah pindah. Jadi yang mau berangkat ke Bandara Soetta bisa dari sana (Pasmod Batununggal),” jelas Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung Prijo Soebiandono kepada wartawan di acara uji coba perdana Car Free Day (CFD) Buahbatu, Minggu (29/5/2011).

Prijo menjelaskan, izin angkutan rute Pasmod Batununggal-Bandara Soekarno Hatta itu berasal dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Saat ini bus dari Primajasa itu disiapkan 40 unit.

“Layanannya 24 jam. Tapi bus pemadu moda ini mimiliki syarat, yakni dilarang mengangkut penumpang dan menrunkan penumpang di pinggir jalan. Jadi langsung ke Bandara Soetta,” papar Prijo.

Ia menjelaskan, pemindahan lokasi dari BSM ke Pasmod Batununggal alasannya tempat di BSM sudah tak memungkinkan. Sebab, Sambung Prijo, di lokasi BSM sedang dilakukan pengembangan pembangunan.

“Dishub Bandung sebelumnya menawarkan terminal itu di Caringin dan Makro. Namun setelah mengecek, Kemenhub memilih di Pasmod Batununggal,” katanya.

Guna memberikan layanan kemudahan bagi penumpang angkutan bus pemadu moda, maka disiapkan shuttle di gerbang komplek Batununggal. Jadi nantinya, penumpang akan diangkut menuju terminal tersebut menggunakan angkutan gratis.

Selain itu, tambah Prijo, taksi boleh masuk ke terminal di Pasmod Batununggal untuk melayani penumpang yang baru datang dari Bandara Soetta. Hadirnya terminal di kawasan tersebut, menurut Prijo, rupanya mendapat tanggapan positif dari pengelola Pasmod Batununggal.

“Semenjak adanya terminal bus pemadu moda ini, jumlah kunjungan ke Pasmod Batununggal mengalami peningkatan 40 persen,” tutup Prijo.

(Detik Bandung)

Info TAMBAHAN

sumber : http://chie1330.wordpress.com/2012/06/05/primajasa-bandara-soekarno-hatta-batununggal-bandung/

Setelah bayar tiket, petugas bakalan ngasih kita tiket dan stiker untuk ditempel dibarang kalo barangnya ada dibagasi. Ya mirip-mirip kalo kita check in bagasi mo naik pesawat.

Kalo semua urusan di loket dah selesa, trus barang kita bawa sendiri ke tempat bus primajasanya nunggu penumpang. Itu adanya di seberang disebelah ruang tunggu damri. Biasanya bus primajasanya udah datang kok. tinggal naik aja. Kalo sudah ketemu, barangnya kasih kernetnya biar dimasukin ke bagasi, trus kita naik bus dan duduk sesuai no kursi yang ada di tiket. INGAT ya…SESUAI NOMOR KURSI.

Kalo kita duduk sembarangan ya resiko dimarahin orang yang punya tempat duduk yang kita ambil atau dimarahi kernetnya hehehehe

Setelah dari terminal 1B, primajasanya keliling-keliling terminal dulu untuk cari penumpang lain. Ke terminal 2 dan terminal 3 dulu. Kalo sudah semua, siap berangkat ke bandung deh. Rute nya Bandara Soetta- Tol dalam kota- Tol Cikampek-Purbaleunyi.Kalo lancar 3 jam perjalanan sudah sampai di batununggal.

Kebetulan saya waktu itu naik yang jam 17.30 jadi sampenya seitar jam 21.00. Turun dari bis, ada taxi yang jumlahnya agak terbatas, ada sekitar 5 biji aja. tapi banyak taxi-taxi yang ngga resmi gitu. Tapi saran saya cepat-cepat turun dari bus biar dapat taxi resmi nya, hehehehe Kalo taxinya ngga pake argo atau nakal bisa lapor ke 02287526789

About these ads

4 Comments

  1. edy

    mau nanya gan , kalo di sukarno hatta gimana cara beli tiket bus primajasa
    terima kasih

  2. Kirman Setiaman

    Apa mungkin untuk buka agen Bis Primajasa Bandung -Soekarno Hatta
    Alamat saya Jl. Moch Toha No. 299 Bandung

  3. sw

    jika tiba di cgk sekitar pkl 22.40, apakah pasti masih tersedia bus primajasa menuju bandung ?

    • Untuk keberangkatan malam terakhir dari bandung sekitar jam 9, bisa dicek langsung ke primajasa pool di batununggal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 568 other followers

%d bloggers like this: