Heritage factory outlet bandung

Bandung – Ketika berjalan-jalan di RE Martadinata, dari sederetan bangunan factory outlet yang berada di sepanjang jalan tersebut keantikan bangunan yang satu ini cukup menarik mata.

Sebuah bangunan dengan arsitektur art deco khas bangunan peninggalan zaman kolonial berdiri di Jl Martadinata No 63. Bangunan megah berpilar besar dibalut cat warna putih ini kini menjadi salah satu factory outlet ternama di kota Bandung.

Heritage factory outlet. Bangunan ini bekas gedung British Institute ini dibangun di tahun 1895-1900 dengan gaya arsitektur Belanda Klasik dengan kolom doriknya yang khas. Namun sampai saat ini arsitek yang merancang bangunan ini belum diketahui.

Bangunan ini merupakan bangunan bekas rumah dinas direktur Gouvernements Bedrijven (GB) yang sekarang disebut Gedung Sate. Selain bangunan ini antik, langka, dan indah juga merupakan satu-satunya bangunan yang memiliki gaya arsitektur klasik yang masih utuh. Pilar ioniknya yang anggun menjadi ciri khas yang memperlihatkan nilai arsitektur yang tinggi.

Menurut keterangan Sekretaris Bandung Heritage, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pelestarian gedung-gedung bersejarah, Dadan Nugraha mengatakan, sekitar 1999, pengelola Heritage factory outlet melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada Bandung Heritage ketika akan menggunakan gedung ini.

"Bangunan Heritage Factory Outlet satu dari bangunan cagar budaya yang harus dilindungi dan dilestarikan keberadaannya di kota Bandung. Pengelola Heritage factory outlet meminta izin terlebih dahulu kepada Bandung Heritage untuk menggunakan nama Heritage untuk nama FO nya," kata Dadan.

Seperti halnya FO-FO lain, Heritage yang terbilang salah satu FO senior di kota Bandung menjual berbagai produk pakaian. Halaman parkirnya yang luas merupakan salah satu kelebihan Heritage. Di sayap kiri halaman parkir Heritage, beberapa stand menawarkan pakaian dengan harga miring.

Di dalam bangunan Heritage sendiri memiliki jalur yang menghubungkan Heritage dengan FO yang berada di sebelahnya, Cascade. Menemukan Heritage sangat mudah, berada tepat di persimpangan Jl RE Martadinata dan Jl Banda, di depan STAMP factory outlet.
(ema/afz)

Sumber : http://bandung.detik.com/read/2008/03/30/101057/1048596/686/heritage-factory-outlet-bersejarah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: