Museum Geologi Bandung

Replika fosil T-Rex (anikasari.wordpress.com)

Replikas T-Rex di Museum Geologi Bandung
Foto Selengkapnya:

Museum Geologi Bandung adalah tempat yang unik untuk menghabiskan akhir pekan Anda. Selain dapat mempelajari perkembangan geologi di Indonesia, di sana juga terdapat fosil-fosil purbakala dan replika fosil Tyranosaurus Rex atau T-Rex!

Jika Anda bingung untuk menghabiskan akhir pekan, berkunjunglah Museum Geologi Bandung. Museum ini terletak di Jl Dipenogoro no 57, Bandung. Museum ini buka setiap hari, kecuali Jumat dan hari libur nasional. Tiket masuk museum ini pun gratis. Museum Geologi sudah menjadi daya tarik Kota Bandung setelah Gedung Sate.

Geologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bumi, baik itu dari komposisinya, sifat-sifat fisik bumi, struktur bumi, kehidupan bumi dan sejarah terbentuknya bumi. Tak heran, di museum ini terdapat banyak fosil, bebatuan, sejarah-sejarah tentang gunung berapi, dan masih banyak lagi.

Awalnya, museum ini adalah tempat laboratorium dan penelitian untuk perkembangan geologi di Indonesia. Seiring berjalan waktu, tempat ini telah menjadi museum yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi.

Museum ini menyimpan banyak fosil yang bersejarah. Di Museum Geologi terdapat fosil gajah purba dan kerbau purba. Ada juga beragam fosil manusia purba di Pulau Jawa yang dipajang di sini. Fosil-fosil manusia purba tersebut antara lain rahang gigi dan tengkorak manusia purba yang ditemukan di Sangiran, lembah Bengawan Solo. Selain itu, di sana juga terdapat beberapa fosil kerang di museum ini.

Salah satu fosil yang paling populer adalah fosil Tyranosaurus Rex atau T-Rex. Walaupun sebenarnya hanya merupakan replika fosil, fosil T-Rex sangat tinggi dan besar. Tingginya mencapai 5 meter dan replika fosil T-Rex ini lah yang paling banyak dilihat oleh pengunjung.

Di dalam museum juga terdapat ruang pameran sejarah gunung berapi. Anda bisa melihat tentang sejarah letusan-letusan gunung berapi terbesar di Indonesia. Selain itu, juga terdapat beberapa batuan-batuan purba yang dipamerkan. Jangan lupa, untuk berkunjung ke ruang audio visual, di sana Anda dapat menyaksikan film perkembangan geologi di Indonesia.

Museum Geologi Bandung akan membuat akhir pekan Anda terasa berbeda. Pengalaman-pengalaman melihat fosil-fosil purba dapat menambah wawasan Anda tentang sejarah di masa lampau.

Sumber : http://travel.detik.com/read/2012/02/24/132349/1850753/1025/grrr-ada-t-rex-di-museum-geologi-bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: