Little Farmer, Wisata Berkebun Anak di Bandung

Berkebun dan Berternak di Little Farmers Bandung
Mengenalkan dunia pertanian dan peternakan kepada anak-anak tentu akan lebih mudah bila dilakukan dengan metode yang menarik. Misalnya dengan cara melibatkan anak-anak dalam proses bertani dan berternak dengan diselingi beragam aktivitas yang menarik bagi mereka. Dengan cara ini anak-anak akan lebih mudah untuk menyerap informasi dan ilmu pengetahuan seputar perkebunan dan peternakan.

Salah satu tempat rekreasi yang menyediakan paket wisata berkebun adalah Little Farmers yang berada di Jalan Kolonel Matsuri no. 339, Kabupaten Bandung Barat. Di lokasi argo wisata seluas 28 hektar yang awalnya merupakan perkebunan milik sebuah perusahaan farmasi ini, anak-anak akan diajak untuk mengenal proses bercocok tanam dan berternak. Tujuanya sangat mulia, yaitu agar mereka lebih memahami dan mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan.

Saat ini Little Farmers memiliki 25 kandang sapi, 100 kandang kelinci, dan belasan kandang hamster. Anak-anak yang berkunjung akan ditemani seorang instruktur. Banyaknya instruktur tentu disesuaikan dengan jumlah pengunjung. Biasanya seorang instruktur mendampingi 10-15 anak. Kunjungan dimulai dengan mengajak anak-anak yang dibagi secara berkelompok untuk melihat-lihat aneka ternak.

Selama perjalanan,a nak-anak akan mendapat segudang informasi mengenai ternak yang ada di kandang. Saat berada di area peternakan sapi, contohnya, selain boleh mencicipi susu murni, instruktur akan menerangkan bagaimana kehidupan hewan memamah biak ini, termasuk apa makanannya dan bagaimana sistem reproduksinya.

Selain wisata ternak, anak-anak juga mendapat informasi lengkap tentang bagaimana bercocok tanam. Di sini mereka akan diajak menelusuri lahan perkebunan wortel. Menariknya, pengunjung bukan sekadar mendapatkan teori, tapi juga turun langsung menanam bibit wortel yang diawali menggali tanah, memasukkan bibit, kemudian kembali menguburkannya. Bahkan diajarkan pula bagaimana agar bibit wortel tersebut bisa tumbuh dengan baik, yakni dengan menyiram dan memberinya pupuk di lahan yang ditanami wortel tadi.

Anak-anak lantas diajak ke kebun wortel yang sudah siap panen. Di hadapan tanaman wortel yang berjajar rapi, mereka mendapat penjelasan mengenai daun, batang, dan akar wortel. Merasa tidak tahu harus berbuat apa, mereka kemudian serentak menanyakan bagaimana caranya memanen wortel. Apakah dengan dipetik, ditarik daunnya atau dicabut sampai ke akarnya. Ternyata dengan terjun langsung ke lapangan, anak-anak lebih antusias untuk memahami dunia perkebuinan dan peternakan.

Di Little Farmers anak-anak juga bisa melakukan aktivitas lain yang menantang seperti outbound. Salah satunya adalah Flying Fox yang memungkinkan pengunjung cilik meluncur dari satu pohon ke pohon lainnya hanya dengan menggunakan tali. Anak-anak pun bisa menyusuri aliran sungai di kaki bukit Tangkuban Perahu atau mengarunginya dengan wahana arum jeram. Atau Anda bisa mengajak putra-putri Anda untuk menangkap kelinci yang dapat mereka bawa pulang.

Harga paket wisata edukasi di Little Farmer terbilang cukup terjangkau. Paket berkebun dan berternak untuk siswa aman kanak-kanak dibandrol mulai dari Rp. 13.000,- samapai Rp. 15.000,- per anak. Untuk paket berkebun plus dengan tambahan permainan flying fok dan TLB dibandrol mulai dari Rp. 27.000,- samapai Rp. 28.500,- per anak. Sedangkan untuk aktivitas lainya seperti arum jeram, mini ATV, water war, tangkap ikan dan berkuda dikenai tariff Rp. 7.000,- sampai Rp. 25.000,00. Atau jika ingin mengajak anak-anak Anda bermain simulasi perang paint ball, Anda tinggal merogoh kocek Rp. 95.000,- untuk 1 orang peserta.

Ayo kenalkan dunia peternakan dan perkebunan pada anak-anak sejak dini di Little Farmer sagar mereka lebih memahami dan mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan yang Maha Esa.

Little Farmers
Jalan Kolonel Matsuri no. 339, Kabupaten Bandung Barat
Telp. (022) 2700919

Sumber : http://www.adadiskon.com/article/march-2011-1535/berkebun-dan-berternak-di-little-farmers-bandung.html
Dikutip ulang oleh : sisindotek.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: