Bubur Ayam H. Mang Oyo Bandung

Kuliner 100 – Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea, Bandung

Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea
Jl. Sulanjana 30, Bandung
Telp. 022-2510226

Bubur ayam memang merupakan salah satu menu favorit makan pagi bagi banyak orang. Salah satu kuliner Bandung yang terkenal dan cukup legendaris adalah "Bubur Ayam Mang H. Oyo Tea" ini. Keistimewaannya yang utama adalah kekentalan buburnya, konon jika piringnya kita balik, bubur ayam ini tidak akan tumpah saking kentelnya. Kalo baca di Kompas.com, kekenyalan bubur Oyo ini terkait dengan bahan. Dalam membuat bubur, ia selektif memilih bahan baku. Beras langsung diambil dari daerah asalnya, Majalengka, di mana dia memiliki sawah 2 hektar. Bila beras tak dari Majalengka, konon, bubur menjadi encer. Jadi setelah beras dicuci, lalu dicampur kaldu ayam serta bumbu dan diaduk hingga matang dalam dandang. Pengadukan biasanya dimulai pukul 02.00. Oleh karena itu, tanpa menggunakan apa-apapun (bubur polos) rasa dari Bubur ayam Mang Oyo ini tetap lezat. Selain itu sumber kenikmatannya juga didapat karena bubur ini dimasak sambil berzikir, "Selama dua jam itu mengaduk itu sambil berzikir," ungkap Oyo pada detikBandung. Berbagai pilihan "topping" pun diberi istilah-istilah unik, sebut saja Atel (Ayam Telor), Atelpin (Ayam Telor Pindang), Apel (Ati Ampela), Ayat (Ayam Ati), Acak (Ayam Cakue), Ganja (Seledri), dan Krikil (Kacang Kedele). Nah untuk satu porsi bubur ayam komplit (Ayam, Cakwe, Ati Ampela dan Telor) kita harus menebusnya dengan harga Rp. 12.500, sedangkan kalo tanpa telor Rp.10.000. Yang gak suka Ati Ampela bisa memilih Atel seharga Rp. 9000.

Saya berkesempatan mengunjungi Bubur Ayam Mang Oyo ini sewaktu pulang ke Bandung. Sebelum sampe rumah saya sempatkan untuk menyambangi cabang yang ada di Jl. Sulanjana. Tempatnya seperti pujasera, dengan Menu andalannya Bubur ayam ini tentunya. Makanya di cabang yang satu ini berbagai pilihan makanan dan minuman tersedia. Supaya terkesan "Bandung"nya, untuk minum saya memilih Bajigur hangat. Minuman khas sunda yang terbuat dari santan kelapa dengan gula merah ini emang cocok buat menghangatkan udara bandung yang sejuk.

Bubur Ayam Mang H. Oyo ini cukup legendaris dan memiliki pelanggan setia, sehingga banyak orang yang mulai mencatut namanya agar ikutan laris. Nah, makanya Mang Oyo merasa perlu untuk menuliskan cabang-cabang asli dari bubur ayamnya ini yaitu di Jl. Gelapnyawang (ITB), Jl. Sulanjana 30, Jl. Ir Soetami (Universitas Maranatha), Jl. Surapati 63, Jl. Pangkur No.3 (daerah Turangga, belakang Hotel Horizon) dan katanya ada satu cabang di Kota Yogya. Di luar cabang tersebut Palsu katanya hehehe. Jadi buat yang pengen menikmati kedahsyatan Bubur Ayam Mang Oyo silakan langsung meluncur ke tempat-tempat di atas, dijamin….

Kalau mau cari sarapan top lainnya di kota Bandung, coba juga Kupat Tahu Gempol atau Bubur Ayam Pelana. Kuliner legendaris di kota ini🙂

Sumber : http://www.banyumurti.net/2009/07/kuliner-100-bubur-ayam-mang-h-oyo-tea.html

"Tempat lain untuk menikmati bubur ayam H. Mang Oyo adalah di daerah Arcamanik sebelah Griya…"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: